Cara Membuat Novel Online Mudah dengan 7 Langkah Ini!

Cara membuat novel online saat ini sedang tren di kalangan penulis muda zaman now. Apalagi setelah tahu bahwa menulis novel online bisa menghasilkan pendapatan yang berlimpah, makin banyak yang berlomba-lomba untuk terjun ke dalamnya.

Bagi beberapa orang yang yakin memang memiliki bakat menulis, bisa jadi hal ini adalah kesempatan emas. Namun bagaimana dengan buddies yang mungkin awalnya tak punya niatan menjadi penulis sedikit pun?

Apakah mungkin bisa membuat novel online?

Tidak ada yang tak mungkin, kan? Asal tekun dan konsisten, baik yang punya bakat atau tidak, sebenarnya bisa-bisa saja kok mempraktekkan cara membuat novel online berikut ini.

Sudah siap mengikuti 7 langkah yang akan dibagikan tukangketik kalimatkata.com?

7 Cara Membuat Novel Online Mudah dan Praktis

Memulai sebuah novel untuk pertama kalinya bisa menjadi hal yang menakutkan. Namun jangan khawatir, kalimatkata.com akan membagikan 7 cara yang akan membantu buddies mempersiapkan diri untuk sukses.

1. Pilih Platform yang Paling Sesuai

Ada banyak platform menulis yang kini tersedia. Dari Wattpadd, Kwikku, KBM hingga yang terbaru adalah Fizzo. Mana yang terbaik?

Setiap platform pastinya punya sisi unggul dan sisi kurangnya masing-masing. Buddies bisa bertanya kepada rekan-rekan sebelumnya, bagaimana testimoni dan kenyamanan.

Bisa jadi di awal kalian perlu mencoba dulu beberapa kali posting di platform berbeda, hingga menemukan satu titik nyaman. Saat itulah buddies bisa fokus di satu platform. Atau jika dirasa bisa fokus di banyak platform, ya sah-sah saja.

2. Mulai Bayangkan Dunia yang Akan Ditulis

Menjadi penulis novel artinya kita harus memiliki imajinasi tinggi. Berbeda dengan cerita pendek yang habis sekali duduk, novel membutuhkan ruh dari bab awal hingga akhir. Maka penting bagi kita untuk membayangkan terlebih dahulu dunia seperti apa yang akan kita buat?

Jika kita akan menulis sesuatu berdasarkan sejarah, bisa jadi kita perlu berkunjung ke museum. Membaca buku-buku referensi berkaitan dengan sejarah tersebut agar ceritanya telihat lebih nyata dan hidup.

Bahkan beberapa penulis ada yang perlu melakukan riset terlebih dahulu selama berhari-hari, berminggu-minggu, berbulan-bulan, dan bahkan bertahun-tahun untuk menyelam di dalam dunia ini. Tere Liye bahkan pernah mengungkapkan waktu riset jauh lebih panjang daripada waktu penulisan.

3. Gali Ide Cerita

Setelah dunia yang ingin dibangun telah didapat, saatnya buddies menggali ide cerita. Novel lebih dari sekadar rangkaian latar dan periode waktu. Novel membutuhkan cerita yang tetap menarik sepanjang awal, tengah, dan akhir.

Jadi putuskan cerita apa yang ingin buddies ceritakan dan pastikan itu bisa menopang keseluruhan novel. Bersyukurnya, kelebihan dari novel online adalah kita punya waktu untuk memutus cerita setidaknya di setiap 1000 kata.

Sehingga bisa memikirkan kelanjutannya di kemudian hari. Meski begitu tetap sejak awal, kita harus tahu bagaimana ide cerita secara keseluruhan, agar tidak melenceng di tengah jalan.

4. Merakit Karakter Tokoh

Sekarang setelah buddies memiliki dunia dan cerita, cari tahu siapa tokoh kunci dalam cerita ini. Karakter utama jelas yang paling penting di antara ini. Karakter utama yang kuat akan memiliki kehidupan yang kaya dan mendetail.

Sebagai penulis, kalian harus tahu informasi lengkap tentang tokoh ini, mulai dari latar belakang pribadi hingga sifatnya. Apa saja kesuksesan dan kegagalan terbesarnya. Semakin seorang penulis memahami karakter yang dibuatnya, semakin ia mampu menceritakan sosok itu dengan jelas kepada pembaca.

5. Rencanakan Akhir Cerita

Bisa jadi saat ini kalian baru merencanakan awal atau pertengahan novel, tetapi pertimbangkan juga pengalaman pembaca. Bagian dari novel yang akan melekat pada mereka kemungkinan besar adalah bagian akhir.

Oleh karenanya, pastikan untuk memberi mereka sesuatu yang fantastis. Apakah buddies mencoba menulis thriller terlaris atau karya fiksi sastra yang didorong oleh karakter kuat?

Dari sudut pandang sebagai penulis, memiliki akhir yang jelas dapat membantu dalam membangun cerita dan rangkaian karakter yang semuanya mengarah ke akhir tersebut.

6. Pecahkan Ide Cerita Menjadi Poin-poin Utama

Sekarang setelah kalian tahu ke mana arah cerita, inilah saatnya untuk menyusun ide cerita tersebut ke dalam beberapa poin utama. Cerita klasik mengikuti struktur tiga babak, dengan setiap babak berakhir pada momen penting dalam keseluruhan plot.

Jika buddies mampu mempercepat narasi untuk berkembang secara progresif di sepanjang novel, dijamin kalian akan berakhir dengan sebuah buku yang secara konsisten bagus dari awal hingga akhir.

7. Mulailah Menulis!

Perencanaan itu fantastis, bahkan penting. Namun jangan biarkan perencanaan yang terlalu cermat menghalangi kalian dari tugas utama yang ada, yaitu menulis novel itu sendiri.

Draf pertama dari bab pertama bisa jadi terasa buruk saat kita membacanya. Bahkan mungkin akan benar-benar ditulis ulang setelah selesai. Tak masalah, hal terpenting adalah buddies telah berhasil menyelesaikannya.

Begitu satu bab selesai, jangan tunda untuk memulai bab selanjutnya dan petualangan yang sebenarnya akan terjadi.

Setelah membaca tujuh cara membuat novel online di atas, apakah buddies sudah siap untuk terjun ke dunia literasi? Jangan lewatkan tips-tips menulis selanjutnya hanya di kalimatkata.com ya.