Cara Menghilangkan Batuk dengan Cepat, Ini 7 Tipsnya!

Buddies, siapa yang beberapa bulan terakhir sering mengalami batuk dan pilek? Toss kalau begitu. Di rumah tukangketik, batuk juga menjadi teman setia selama tiga bulan terakhir. Sampai pusing mencari cara menghilangkan batuk dengan cepat.

Pusingnya karena ada banyak cara menghilangkan batuk yang dibagikan, tetapi nggak semuanya benar-benar manjur. Nah, biar kita bisa menemukan solusi paling ampuh, hal paling penting memang mengetahui dulu penyebab terjadinya batuk.

Apa Saja Penyebab Batuk?

Secara umum ada empat penyebab batuk yang sering ditemui. Apa saja hayo?

1. Imunitas sedang Turun

Paling umum batuk biasanya disebabkan karena daya tahan tubuh yang menurun. Oleh karenanya tubuh jadi lebih mudah diserang virus, salah satunya virus flu yang kemudian menyebabkan batuk dan pilek.

2. Merokok

Apakah Buddies suka merokok? Atau mungkin ada orang-orang terdekat yang hobi merokok? Entah itu bapak, suami atau teman-teman dekat?

Jika Buddies merokok dan kalian mengalami batuk berkepanjangan, segera hentikan kebiasaan tersebut. Besar kemungkinan batuk yang nggak kunjung sembuh disebabkan oleh kebiasaan merokok.

Lalu bagaimana jika kita merupakan perokok pasif? Hindari dulu bertemu atau berkumpul dengan orang-orang yang merokok.

3. Efek Samping Obat

Batuk juga bisa disebabkan karena efek dari penggunaan obat tertentu. Jika hal itu yang terjadi, Buddies bisa berkonsultasi dengan dokter untuk mengganti obat tersebut.

4. Gejala dari Penyakit Lain

Batuk biasanya hanyalah gejala awal dari beberapa penyakit tertentu. Misal, alergi, asma, pneumonia atau bronchitis. Apabila batuk tidak mereda setelah lebih dari sepekan, lebih baik temui dokter untuk pengobatan lebih lanjut.

Nah, kira-kira dari keempat penyebab batuk di atas? Mana yang paling cocok dengan kondisi kalian, Buddies?

7 Cara Menghilangkan Batuk dengan Cepat

Setelah tahu apa penyebab batuk yang sedang kalian alami, saatnya mencari cara menghilangkan batuk dengan cepat. Apa saja ya?

1. Jaga Kebersihan dan Kelembaban Ruangan

Batuk bisa disebabkan oleh terjadinya alergi karena debu. Penting sekali untuk menjaga kebersihan rumah atau kamar tidur kita. Semakin minimal jumlah debu, semakin batuk bisa diatasi.

Jangan lupa untuk rutin mengganti seprei, sarung bantal, sarung guling dan selimutnya setidaknya sepekan sekali. Semakin lama perlengkapan tidur digunakan, semakin banyak debu yang menempel.

Semakin banyak debu yang menempel, semakin besar kesempatan batuk bisa muncul. Selain menjaga kebersihan, menjaga kelembaban kamar juga penting. Bisa diatasi dengan memasang aromatherapy di dalam kamar.

2. Jaga Asupan Air Putih

Batuk yang tak kunjung reda bisa disebabkan kurangnya asupan air putih. Oleh karenanya coba cek berapa banyak air putih yang Buddies konsumsi setiap hari. Apakah sudah cukup memenuhi kebutuhan tubuh?

Oya, kalian juga bisa mengurangi konsumsi air dingin ataupun es krim. Beberapa orang tidak kuat dengan kondisi dingin sehingga bisa menyebabkan batuk.

3. Mengubah Posisi Bantal Menjadi Lebih Tinggi

Kondisi batuk ngikil bisa membuat tidur tidak nyenyak kan? Jika Buddies mengalaminya, ubah posisi bantal menjadi lebih tinggi agar tidur bisa lebih enak.

4. Minum Teh Herbal dengan Madu

Punya teh herbal di rumah? Seduh dengan air hangat dan tambahkan juga beberapa tetes madu. Rutin mengonsumsi minuman ini bisa melegakan pernafasan dan mengurangi batuk yang terjadi berulangkali.

5. Berkumur Air Garam

Jika teh herbal dan madu belum memberikan efek yang signifikan, ambil garam secukupnya dan masukkan ke dalam air hangat. Lalu berkumurlah dengan air  tersebut hingga menyentuh tenggorokan.

Lakukan beberapa kali sampai tenggorokan terasa lebih nyaman. Jika rutin dilakukan, batuk bisa diatasi lebih cepat.

6. Minum Perasan Kencur

Ini adalah resep yang biasa diberikan ibu tukangketik saat masih kecil. Jika tukangketik mengalami batuk berkepanjangan, ibu akan memarut beberapa ruas kencur, lalu memerasnya hingga menghasilkan cairan kencur.

Agar rasanya tidak terlampau menyengat, biasanya ibu akan menambahkan madu atau sejumput gula. Rasanya hangat dan segar. Tak lama setelah minum perasan kencur, batuk biasanya akan berkurang dan bisa tidur lebih lelap.

7. Baluri Dada dan Punggung dengan Minyak

Setelah melakukan poin 1 – 6, jangan lupa optimalkan ikhtiar dengan membaluri dada dan punggung dengan minyak. Bisa dengan minyak kayu putih ataupun essential oil yang khusus untuk meredakan batuk.

Cara ini bisa membuat pernafasan jadi lebih lega, dan dahak yang mengumpul di dada jadi lebih luruh sehingga batuk bisa berkurang.

Demikian informasi tentang cara menghilangkan batuk dengan cepat yang bisa Tukangketik bagikan. Semoga bermanfaat dan bisa mengatasi batuk kalian ya, Buddies. Salam sehat selalu!