6 Cara Menjadi Orang Dermawan Ini Buktikan Kalau Berbagi Itu Mudah!

Cara menjadi orang dermawan terasa sulit dilakukan. Apalagi di masa pandemi seperti sekarang. Di saat perekonomian sendiri pun terhimpit, memikirkan nasib orang lain pun terasa lebih sulit.

Namun apakah sesulit itu mengembangkan sifat dermawan? Artikel ini mungkin akan membuka sudut pandang baru bagi buddies tentang apa itu kedermawanan.

Pengertian Dermawan

Ngobrolin soal kedermawanan, yuk belajar dulu tentang arti kata ini. Disebutkan dalam KBBI online, dermawan adalah pemurah hati, atau bisa disebut juga dengan orang yang suka bederma (beramal, bersedekah).

Sementara kedermawanan sendiri ditujukan kepada sikap kebaikan hati terhadap sesama manusia. Sering disebut juga dengan kemurahan hati. Menjadi orang yang dermawan biasanya digambarkan sebagai sosok yang suka memberi dalam hal yang luas.

Apakah untuk bisa menjadi sosok seperti ini dibutuhkan kekayaan yang berlimpah? Ternyata tidak lo!

Namun sebelum tukangketik kalimatkata.com ini berbagai beberapa cara menjadi dermawan dengan mudah. Cari tahu dulu yuk manfaat dari sifat kedermawanan.

Manfaat Menjadi Orang Dermawan

Beberapa dari buddies mungkin berpikir, ngapain sih bermurah hati kepada orang lain. Apalagi kepada orang-orang yang belum dikenal dan bahkan nggak tahu menahu soal kehidupan kita?

Ternyata nih, survei membuktikan kalau orang yang lebih murah hati biasanya memiliki kehidupan yang lebih bahagia dan memuaskan. Nah, misal sekarang ini buddies termasuk orang-orang yang berada di titik kehidupan terendah, merasa gini-gini aja, mungkin perlu dicoba untuk lebih bermurah hati dengan orang-orang di sekeliling.

Siapa tahu nih yang tadinya berasa gini-gini aja, jadi berubah luar biasa. Tahu nggak sih, buddies.. satu senyuman yang kita berikan kepada orang lain sejatinya akan menghasilkan ribuan senyum di hati kita lo. Coba aja deh kalau nggak percaya.

Bukan hanya manfaat yang bisa dirasakan diri sendiri. Coba bayangkan siapa tahu dari hal kecil yang kita lakukan ternyata bisa mengubah hidup orang lain. Kita nggak akan pernah tahu efek dari hal sederhana yang kita berikan pada orang lain.

quote tentang orang murah hati

6 Cara Menjadi Orang Dermawan dengan Mudah

Mulai tertarik untuk menjadi orang yang lebih murah hati? Siip! Yuk, cari tahu bagaimana cara menjadi orang dermawan dengan mudah.

1. Tulis Ulasan Positif untuk Restoran Lokal Favorit

Punya tempat makan favorit? Entah karena masakannya yang enak, harganya terjangkau ataupun tempatnya cozy?

Cukup dengan memberikan ulasan bintang lima di aplikasi GoFood, GrabFood, ShopeeFood dan sejenisnya, bisa menjadi cara mudah berderma lo. Kita nggak pernah tahu kan seberapa penting bintang lima bagi pengusaha kuliner lokal seperti mereka?

Tak lupa sebarkan info tempat makan ini di media sosial atau status WhatsApp yang kita punya. Jangan lupa sebutkan nama akun tempat ini, bagikan alamatnya beserta foto lokasi, agar lebih banyak orang yang datang.

Yakin deh, pemilik restoran akan senang hati atas tindakan sederhana ini. Apalagi di masa pandemi seperti sekarang saat bisnis kuliner menjadi lesu. Ulasan buddies akan sangat berarti bagi mereka.

2. Tawarkan Keahlianmu

Banyak orang yang di-PHK selama pandemi. Tidak sedikit mereka kelimpungan di sisi ekonomi. Jika buddies merasa memiliki skill di bidang tertentu yang bisa membantu mereka, kenapa tak tawarkan keahlian tersebut?

Nggak perlu jauh-jauh kok. Misal nih, kalian seorang ibu rumah tangga yang punya baking skill cukup baik. Bisa bikin kue-kue basah dengan metode yang mudah dan murah. Coba bagikan skill itu kepada tetangga yang sedang merintis usaha.

Siapa tahu nih resep yang kalian bagikan bisa jadi pembuka rezeki buat mereka. Nggak peduli seberapa besar atau kecil tindakan tersebut, yakin deh berbagi pengetahuan dengan seseorang yang membutuhkan dapat membuat hidup mereka jauh lebih mudah! Mau mencoba?

3. Temukan Aksi yang Mencuri Hati

Jika buddies termasuk typical pemilih dan berhati-hati, cobalah temukan aksi dan kampanye sosial yang memang cocok dengan hati nurani serta visi misi. Sekarang ini makin banyak kok lembaga-lembaga kemanusiaan yang punya aksi sosial dengan beragam tujuan.

Nah, mana nih yang cocok dengan minat kalian? Apakah cenderung suka aksi yang berhubungan dengan lingkungan hidup, pendidikan, teknologi atau lainnya?

Biasanya kalau kita sudah klik pada tujuan dari sebuah aksi, kita akan lebih mudah bermurah hati dan berderma atas apa yang dimiliki.

4. Berbagi Waktu

Tidak punya cukup uang untuk berderma bukan berarti telah menutup kemungkinan untuk menjadi sosok murah hati. Meski tak memiliki dana yang berlebih, bisa jadi kalian punya tenaga dan waktu yang lebih dari cukup. Itu saja bisa lo dibagikan!

Caranya gimana?

Buddies bisa mulai dengan menemukan komunitas atau organisasi yang sevisi misi dengan hidup kalian. Lalu sumbangkan waktu yang dimiliki untuk membantu mengembangkan komunitas atau organisasi itu.

Kalau kata mentor hidupnya tukangketik kaya gini nih;

Seseorang yang banyak membantu urusan hidup orang lain, insya Allah akan dimudahkan juga urusan hidupnya oleh Tuhan.

Nah loh, mau nggak urusan-urusan dalam hidup menjadi lebih mudah? Coba deh berpartisipasi dalam kegiatan-kegiatan komunitas atau organisasi. Cara paling gampang, menawarkan diri jadi ketua RT atau pengurus PKK di wilayah tempat tinggal, hehe.

5. Puji Orang di Sekitar Setiap Hari

Kalian mungkin nggak menyadari kalau pujian bisa memberikan efek luar biasa dalam hidup seseorang. Apalagi buat orang-orang yang punya bahasa cinta word affirmation.

Pujian bisa meningkatkan semangat dan kinerja. Nah, kenapa tidak bermurah hati dengan memberikan satu pujian setiap hari untuk orang-orang di sekeliling kita?

Tentu saja lakukan dengan tulus dan jangan hanya lip service ya. Berlatih memberikan pujian tiap hari sejatinya juga melatih kita untuk bisa melihat kebaikan-kebaikan orang dengan lebih baik.

Yakin deh, dengan fokus pada kebaikan orang, kita pun akan hidup lebih bahagia dan tersenyum lebih banyak. .

6. Donor Darah

Jika kalian termasuk orang yang punya tubuh sehat, nggak ada pantangan untuk berdonor darah dan selama ini belum pernah mencoba kegiatan ini sama sekali. Kenapa nggak coba mendonorkan cairan kehidupan yang satu ini?

Nggak butuh biaya kok buat berdonor darah. Hanya butuh keberanian untuk menghadapi jarum suntik sih.

Namun keberanian yang kalian kumpulkan akan dibalas dengan sejuta senyuman dari orang-orang yang tertolong dari kecelakaan, operasi, transplantasi dan masih banyak lagi. Tertarik untuk mencoba?

Menjadi agen perubahan tidak melulu harus melakukan hal-hal besar. 6 aktivitas mudah di atas membuktikan bahwa berderma itu tidaklah sulit.

Sepanjang masa pandemi ini, kemurahan hati sangatlah penting. Kita semua tahu bagaimana perjuangan dan rintangan di dalam hidup. Dengan sedikit kedermawanan, perubahan kecil bisa saja terjadi. Jadi dari 6 hal di atas, mana cara menjadi orang dermawan yang kalian pilih, buddies?