11 Kedai Es Krim Jadul Legendaris Menghadirkan Memori Tempo Dulu

Es krim selalu menjadi kudapan yang enak dinikmati, khususnya ketika terik matahari menyengat. Berikut ini ada 11 kedai es krim jadul yang telah berdiri lama. Tempat-tempat legendaris ini akan membawamu menelusuri memori masa silam yang dirindukan.

11 Kedai Es Krim Jadul di Berbagai Kota Indonesia

Kedai es krim legendaris ini tidak hanya di Jawa lo, ada pula yang berada di luar Jawa. Rata-rata berdiri sudah sejak 1930 sampai 1950an. Makin penasaran dengan nama-nama kedainya? Yuuk kenalan!

1. Tip Top Restoran

Berada di Medan dan menghadirkan banyak menu dari es krim, kue, dan sarapan. Restoran ini dibuka sejak 1929. Gedung dan interiornya masih menggunakan bangunan asli.

Karena memiliki kesan unik dan antik, banyak turis yang datang berkunjung. Jika buddies termasuk penyuka es krim dan sedang berada di Medan, silakan merapat ke Jalan Ahmad Yani Nomor 92 A-B.

2. Ragusa

Dari Medan, kita akan terbang menuju Jakarta. Ini adalah toko es krim yang sangat terkenal di Ibu Kota. Berdiri sejak 1932 oleh dua bersaudara asal Italia. Nama pendirinya mungkin akan mengingatkanmu pada drama Korea yang diperankan oleh Song Joong Ki beberapa waktu lalu.

Ya, Vincenzo! Pendiri kedai es krim legendaris ini bernama Vincenzo Ragusa dan Luigi Ragusa. Dulunya es krim legendaris ini hanya jualan selama sekali dalam setahun tiap ada pagelaran pasar malam di Pasar Gambir.

Namun tenang kini kedai es krim tertua di Jakarta ini bisa selalu dikunjungi tiap hari di Jalan Veteran I Nomor 20, Jakarta Pusat.

3. Tjan Njan

Kedai es krim jadul Jakarta selanjutnya yaitu Tjan Njan namun dikenal juga dengan es krim Tjanang. Dibuka sejak 1951 di daerah Cikini. Sayang lokasi lamanya ditutup dan beralih menjadi Hotel Cikini.

Meski begitu es krim ini tetap hidup hingga sekarang lo. Tidak memiliki kedai tersendiri, tetapi produk es krimnya disalurkan ke beberapa restoran di daerah Cikini. Juga bisa dinikmati di Hotel Cikini.

Konon katanya toko es krim ini adalah favoritnya Keluarga Soekarno dan Cendana lo. Hmm, jadi penasaran pengen nyobain nih.

4. Tropik

Selain menyediakan es krim buatan sendiri, Tropik juga banyak menu Chinese Food. Jika tertarik menikmati es krim legendaris dan menu-menu yang disajikan sejak 1950, langsung saja menuju ke Jalan Pasar Baru Nomor 28A, Jakarta Pusat.

5. Baltic

Berada di Jalan Kramat Raya Nomor 12, Jakarta Pusat. Baltic merupakan kedai es krim legendaris sejak 1939. Rasa es krimnya beraneka rupa. Dari cokelat, stroberi, hingga kini ada juga rasa kekenian seperti Green Tea dan Peppermint.

6. Sumber Hidangan

Mlipir ke Bandung, restoran yang awalnya diberi nama Het Snoephuis ini sudah ada sejak 1929 lo. Selain es krim, tersedia juga beberapa menu makanan, walau terbatas. Buat yang tertarik menikmati es krim sambil bernostalgia, silakan datang ke Jalan Braga Nomor 20-22, Bandung, Jawa Barat

7. Es Krim Tentrem

Berada di Jalan Slamet Riyadi 132 Solo, Jawa Tengah. Memiliki gedung yang mencolok dan unik, sehingga membuat siapa saja tertarik untuk datang. Didirikan sejak 1953. Konsep interior dan jenis es krimnya saat ini mencoba menggabungkan masa kini dan masa lalu dengan padu.

8. Toko Oen

Berdiri sejak 1936, Toko Oen Semarang didirikan di Jalan Pemuda Nomor 52. Sampai saat ini masih banyak dikunjungi karena cita rasa es krimnya masih sama hingga kini.

Selain di Semarang, Toko Oen juga bisa ditemukan di Jalan Basuki Rahmat No 5 Malang. Wajib dikunjungi jika buddies ingin menikmati aneka menu jadul yang akan mampu menggoyang lidah.

9. Domino

Dari Semarang dan Malang, yuk mampir ke Jember. Tepatnya di Jalan Sultan Agung Nomor 43. Kedai es krim jadul yang legendaris ini sudah ada sejak 1950. Es krim dan lumpia goreng adalah menu spesial yang bisa dinikmati.

10. Zangrandi

Berada di Surabaya, es krim di sini punya nama-nama yang unik, seperti  es krim Macedonia, Banana Split, Tutti Frutti, dan Ice Cream Noodle. Hadir sejak 1930, toko es krim Italia yang terletak di Jalan Yos Sudarso Nomor 15 ini masih mempertahankan bangunan lamanya.

11. Es Krim Angi

Setelah mampir ke Surabaya, ayo terbang ke Kalimantan. Di Kalimantan Barat ternyata punya kedai es krim legendaris yang telah dibuka sejak 1950 lo. Disebut juga dengan es krim Petrus karena awalnya berdiri di dekat Sekolah Petrus.

Saat ini bisa didatangi di Jalan Karel Satsuit Tubun Nomor 8, Pontianak, Kalimantan Barat. Yang menarik dari es krim Angi adalah rasa buah-buahannya yang asli tanpa adanya perisa tambahan. Hmm, sepertinya bakal mirip gelato gitu ya, buddies?

Nah, dari 11 kedai es krim jadul di atas, kalian tertarik untuk mengunjungi yang mana dulu nih? Jangan lupa tukangketik kalimatkata.com diajakin ya biar lebih seru menikmati es krim sambil bernostalgia mengingat masa-masa muda.